Generasi Remaja Pancasila dan Merdeka Belajar di Museum History of Java

Pendidikan karakter dengan mempelajari jati diri bangsa sejatinya dapat dilakukan melalui kunjungan museum secara intensif. Proses inilah yang kini menjadi tujuan utama dari semangat merdeka belajar yang digaungkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek). Maka, sebagai bagian dari support sistem kurikulum merdeka belajar, museum History of Java selalu menerima kedatangan para pelajar dengan penuh motivasi positif.

Para pelajar di usia remaja selalu dipenuhi bakat, minat, serta potensi keutamaan diri masing-masing. Oleh karena itulah kebutuhan pada museum sebagai pusat edukasi warisan budaya sangat krusial untuk ditanamkan.

Sejak 2018 silam, Museum History of Java Yogyakarta telah menjadi rujukan merdeka belajar bagi setiap sekolah yang menjalani aktivitas outdoor learning sesuai anjuran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. 

Sampai kini pun Museum History of Java telah berusaha mengadopsi poin-poin penting dari setiap episode Merdeka Belajar yang diluncurkan Kemendikbudristek. Agar dengan demikian pendidikan di dalam Museum tetap sejalan yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara.

Prinsip merdeka belajar sejalan dengan gagasan bapak pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Yaitu bagaimana kemerdekaan adalah tujuan dan sekaligus paradigma pendidikan Indonesia dimana “Peserta didik harus tumbuh secara kodratnya sendiri, sedangkan guru adalah penuntun yang merawat kodrat itu”.

Merdeka Belajar di Museum Sesuai Anjuran Menteri Nadiem

Pada tahun ini Mendikbud Nadiem sekali lagi menegaskan bahwa kurikulum merdeka menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi. 

Para siswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar sekolah dengan hadirnya program-program merdeka belajar. Begitupun para mahasiswa melalui program kampus merdeka yang dapat dilakukan melalui kunjungan museum.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Generasi Remaja Pancasila dan Project Merdeka Belajar di Museum History of Java”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/ochabloghoj8112/6495708210d8e01a4c6e94c2/generasi-remaja-pancasila-dan-project-merdeka-belajar-di-museum-history-of-java

Kreator: Stevanify

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *