Early Great Kingdoms In Java

History Of Java : “Kerajaan Besar Tua Di Pulau Jawa”

Version Indonesian :

Tarumanagara atau kerajaan taruma adalah sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di wisalah barat pulau jawa bada abad ke 4 hingga abad ke 7 M. Taruma Merupakan sebuah kerajaan tertua di nusantara yang meninggalkan catatan sejarah. dalam catatan sejarah dan peninggalan artefak disekitar lokasi kerajaan, terlihat bahwa pada saat itu kerajaan taruma adalah kerajaan hindu beraliran wisnu.

keberadaan kerajaan ini diketahui dari 7 prasasti batu yang ditemukan di bogor, jakarta dan lebak banten, prasasti prasasti ini menyebutkan raja yang pernah memerintah kerajaan taruma yaitu purnawarman. sumberlain keberadaan kerajaan ini adalah dari berita China, dimana disebutkan adanya utusan dari to-lo-mo yang secara fonetik disebut sama dengan Taruma.

penjelasan tentang tarumanegara cukup jelas di naskah wangsakerta. sayangnya naskah ini mengundang polemik dan banyak pakar sejarah yang meragukan naskah-naskah ini biasa dijadikan rujukan sejarah.kekuasaan taruma ditunjukan meliputi seluruh jawa bagian barat hingga wilayah purwalingga(purbalingga).

Version English :

Tarumanagara or taruma kingdom is a kingdom that once ruled in the western regions of java island in the 4th century. Taruma is one of the oldest kingdoms in the archipelago wich leaving historical records. in the historical record and the relics of artifacts around the royal location,it appears that at that time the kingdom of taruma was a Hindu Vishnu Kingdom.

The existence of this kingdom is known from 7 stone inscriptions found in Bogor, Jakarta and Lebak Banten, These inscriptions mention the king who once ruled the kingdom of Taruma, namely Purnawarman. Another source of the existence of this kingdom is for the Chinese news, where it is mentioned that there is a messenger from to-lo-mo phonetically named as Taruma.

The explanation of Tarumanagara id quite clear in the wangsakerta manuscript. Unfortunately, this manuscript invites polemics and many historians doubt that these texts can be used as historical references.Taruma power is shown covering all western Java to Purwalingga(purbalingga).

2). Kalingga
Catatan sejarah mengenai keberadaan kerajaan kalingga didapatkan dari dua sumber utama yaitu dari kronik sejarah Tingkok, serta catatan sejarah manu script lokal, ditambah dengan tradisi lisan setempat yang menyebutan mengenai ratu legendaris bernama Ratu Shima.

Berita tiongkok menyebutkan : pada abad ke-5 muncul kerajaan Ho-Ling (atau Kalingga) yang diperkirakan terletak di utara Jawa tengah. keterangan tentang kerajaan Ho-Ling didapat dari prasasti dan catatan dari negeri china. pada tahun 752, kerajaan Ho-Ling menjadi wilayah taklukan sriwijaya dikarenakan kerajaan ini menjadi bagian jaringan perdagangan hindu, bersama malayu dan Tarumanagara yang sebelumnya telah di tahlukan Sriwijaya. ke tiga kerajaan tersebut menjadi pesaing kuat jaringan perdagangan sriwijaya-budha. Maharani Shima disebut-sebut sebagai nenek buyut dari sanjaya yang kelak mendirikan kerajaan Mataram Hindu.

Want to know more about this job? please come to history of java museum : Jl Parangtritis KM 5, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *